Melihat si kecil tumbuh dengan sehat tentu sangat menyenangkan. Ya, seiring dengan usia yang terus bertambah, memang ada perkembangan yang akan ditunjukkan oleh si kecil. Nah, untuk memaksimalkan pertumbuhan tersebut, Anda sebagai orang tua tentu harus memberikan konsumsi makanan yang bergizi, salah satunya adalah makanan prebiotik.

Perlu diketahui bahwa pemberian makanan yang bergizi merupakan tumpuan dari upaya untuk menjaga kesehatan si kecil. Pasalnya, nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut akan memaksimalkan kinerja organ dan membuat si kecil tumbuh lebih sehat.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang apa itu prebiotik dan apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya. Simak ulasan selengkapnya!

Apa Itu Prebiotik?

Dalam pengertian singkat, prebiotik merupakan serat pangan yang terdapat dalam bahan makanan. Fungsi daripada serat pangan ini adalah untuk menjadi makanan probiotik agar tetap hidup dan bisa berkembang biak di dalam tubuh dengan baik.

Probiotik sendiri adalah bakteri yang hidup di dalam saluran pencernaan. Fungsi dari bakteri ini adalah untuk memberikan perlindungan pada anak dari kuman yang menyebabkan penyakit dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Oleh karenanya, konsumsi makanan prebiotik menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, kecukupan prebiotik juga akan berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan si kecil.

Ragam Makanan Sumber Prebiotik

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa prebiotik memiliki peran yang sangat penting untuk membantu bakteri baik untuk hidup dan berkembang di dalam sistem pencernaan. Nah, untuk mendapatkan kandungan prebiotik ini, ada beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan MPASI untuk si kecil, misalnya:

  • Bawang putih

Bawang putih adalah bahan makanan yang memiliki kandungan prebiotik yang cukup tinggi. Dalam hal ini, ada sekitar 6% prebiotik dari kandungan serat yang terdapat di dalam bawang putih. Terkait bahan makanan ini, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu atau menaburkannya pada menu MPASI si kecil.

  • Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa menjadi opsi mendapatkan prebiotik yang maksimal. Lebih dari itu, bawang merah tidak hanya memiliki kandungan prebiotik, melainkan juga kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil.

  • Pisang

Kandungan prebiotik yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan anak juga bisa didapatkan dari pisang. Sebagaimana diketahui bahwa pisang adalah buah yang sangat digemari. Selain rasanya yang enak, pisang pun juga mudah dicerna.

Nah, pada pisang terdapat beragam kandungan nutrisi yang sangat baik. Ada kandungan serat yang sangat tinggi, vitamin B, vitamin C, dan juga kalium. Tentu, nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak secara maksimal.

Beberapa hal di atas adalah beragam makanan prebiotik yang bisa menjadi sumber kesehatan si kecil. Tentu, untuk hasil yang maksimal, Anda perlu memberikannya secara teratur.