Salah satu tanda bahwa anak  mendapatkan zat gizi yang cukup adalah bertambahnya berat badan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh WHO serta memiliki tinggi  badan yang ideal. Kedua hal tersebut dihitung berdasarkan usia anak, dan bukannya membandingkan dengan yang lainnya, walaupun mempunyi usia yang sama.

Namun, pada perjalanan masa pertumbuhannya belum tentu seorang anak mendapatkan asupan gizi yang yang maksimal. Oleh  karena itu seringkali orangtua disarankan memberikan asupan tambahan berupa susu penambah berat badan untuk anak.

Gizi Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak

Susu  jenis ini diformulasikan untuk membantu peningkatan jumlah berat badan anak agar sesuai dengan kriteria ideal. Oleh  karenanya produk ini mengandung zat gizi yang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhannya.

Namun, perlu diingat pula bahwa  asupan terbaik agar anak memiliki berat badan yang ideal adalah mengkonsumsi sumber alamiahnya secara teratur. Tetapi, jika cara ini tidak memungkinkan maka maka salah satu pertimbangan yang terbaik adalah memberikan susu penambah berat badan untuk anak..

Protein

Basanya susu jenis ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi karena nutrisi ini dapat membantu  meningkatkan massa otot nya dengan demikian berat badan pun akan bertambah.

Untuk mendapatkan tambahan protein utamakan anak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi karena nutrisi dalam susu bukanlah yang utama. Dengan demikian anak akan mendapatkan pertambahan nilai berat badan secara alami.

Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan penyedia energi utama bagi aktivitas anak-anak .Dengan demikian konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya akan membantu anak mendapatkan energi yang yang berlebih.

Pasalnya energi yang berlebih dan tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Dengan demikian berat badan pun akan bertambah sebab kandungan lemak di dalam tubuh pun meningkat.

Mineral Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menambah kepadatan massa pada tulang. Namun,  kehadirannya harus disertai dengan vitamin D agar penyerapannya berjalan secara optimal.

Semakin  besar penyerapan kalsium oleh tulang maka semakin meningkat  massa  tulang yang terbentuk.  Otomatis berat badan anak pun akan naik seiring dengan proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Vitamin D3 pada susu akan membuat tulang menjadi lebih keras dan kuat. Anak-anak pun akan semakin aktif sehingga tidak takut menderita patah tulang ketika mengalami cedera. Pada masa dewasanya pun kecukupan kalsium akan menghindari anak dari gejala  pengeroposan  tulang atau osteoporosis.

Anda dapat memberikan susu penambah berat badan untuk anak sesuai dengan kebutuhan. Namun,  jangan sampai  penambahan konsumsi produk ini membuat anak mengalami obesitas. Harap untuk selalu pantau agar memberikan hasil yang terbaik.