Diantara beberapa jenis kanker, bisa dikatakan jika kanker payudara termasuk salah satu jenis kanker yang cukup sering terjadi. Bahkan, kanker payudara menjadi ancaman yang nyata bagi wanita dengan tingkat paparan dan kematian yang cukup tinggi. Meskipun demikian, pria juga memiliki risiko yang sama meskipun dengan persentase yang rendah.

Sayangnya, gejala kanker payudara terkadang tidak disadari, terutama jika masih berada pada stadium awal. Oleh karenanya, deteksi kanker payudara cenderung penting dilakukan untuk nantinya mendapatkan pengobatan yang tepat pada kanker payudara tersebut.

Cara Deteksi Kanker Payudara

Meskipun kanker payudara secara umum memiliki gejala yang spesifik, namun penderita kanker payudara stadium awal cenderung tidak merasakan gejala apapun. Padahal, kanker payudara yang terdeteksi sejak awal memiliki peluang sembuh yang lebih besar.

Terkait cara deteksi kanker payudara, screening menjadi salah satu metode deteksi yang digunakan. Dengan melakukan screening nantinya akan diketahui perbedaan yang muncul pada payudara yang diakibatkan oleh serangan dan paparan kanker payudara.

Selain itu, proses deteksi juga bisa dilakukan dengan mammogram. Metode ini adalah cara pemeriksaan payudara yang menggunakan alat khusus dengan teknologi sinar X. Dengan metode ini, nantinya akan ditemukan abnormalitas dari payudara yang menjurus pada paparan kanker payudara.

Pengobatan dan Jenis Terapi Untuk Kanker Payudara

Jika ditemukan abnormalitas karena kanker payudara, maka selanjutnya akan dilakukan pengobatan. Adapun beberapa pengobatan dan jenis terapi untuk penanganan kanker payudara yang digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi menjadi salah satu penanganan kanker payudara yang paling umum dilakukan. Tujuan dari terapi ini adalah untuk membunuh sel kanker payudara yang masih tersisa setelah operasi dilakukan. Metode ini dilakukan hanya pada area spesifik yang diberi sinar saja.

  • Kemoterapi

Cara lain yang digunakan untuk menangani kanker payudara adalah kemoterapi. Metode penanganan ini dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis obat yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tujuan dari penggunaan obat ini adalah untuk membunuh sel kanker serta mencegahnya agar tidak tumbuh lagi.

  • Terapi hormonal

Terapi hormonal juga bisa dilakukan sebagai solusi mengatasi kanker payudara yang menyerang. Dalam hal ini, terapi akan dilakukan dengan cara meningkatkan hormon di dalam tubuh. Nantinya, dengan terapi yang dilakukan akan muncul hormon secara alami yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kanker payudara tidak akan tumbuh dan muncul.

Beberapa hal di atas adalah pengobatan dan jenis terapi yang umumnya dilakukan untuk mengatasi kanker payudara. Tentu saja, pihak medis nantinya akan menyesuaikan langkah penanganan dengan kondisi penderita.

Dalam hal ini, Anda yang memiliki risiko tinggi terpapar kanker payudara bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan asuransi bisa memberikan perlindungan, terutama terkait biaya penanganan kasus kanker payudara.