Jika Anda mulai berpikir untuk memanfaatkan limbah, berarti Anda telah menyadari keharusan manusia untuk menjaga alam. Daripada merugikan alam atau bahkan diri sendiri, ada baiknya berbagai limbah diolah sebaik mungkin terutama sampah plastik yang berlimpah. Dengan begitu, Anda tentu bisa mengolah limbah jadi berkah dengan beberapa cara kreatif seperti berikut ini.

1.  Ecobrick

Ecobrick menjadi metode yang cukup populer dalam pengolahan mendaur ulang sampah. Dalam beberapa tahun terakhir, tren ecobrick di dunia meningkat pesat karena pergerakan orang yang menentang pencemaran lingkungan. Sederhananya, ecobrick adalah bata ramah lingkungan.

Bata ini bisa digunakan menjadi alternatif berbagai keperluan pembangunan, seperti sebagai bahan baku furniture. Ecobrick dibuat dari limbah botol plastik berisi sampah padat. Anda cukup mengeringkan botol plastik dan isi botol dengan sampah secara padat.

2.  Mainan Anak

Anda bisa membuat mainan sekaligus menambah nilai produk tersebut. Mainan plastik sangat beragam bentuk dan kegunaannya. Berkreasi dari limbah plastik dapat menjadikan bentuk mainan anak yang baru seperti helikopter atau robot.

Mainan plastik juga bisa mengembangkan kreasi saat pembuatannya. Dari mulai pengolahan hingga saat dibagikan ke anak-anak, mainan tersebut dapat meningkatkan keakraban mereka. Mereka juga bisa belajar sejak dini tentang pentingnya pengolahan limbah untuk dijadikan hal bermanfaat.

3.  Pupuk Kompos

Hal ini dapat Anda lakukan dalam pengolahan limbah organik. Biasanya, material yg mampu diurai merupakan residu sayur dan buah-buahan. Kemudian, seimbangkan menggunakan bahan karbon misalnya sekam, tanah, atau daun kering.

Sebaiknya limbah sayur dan buah-buahan ini dipotong kecil terlebih dahulu supaya mudah terurai. Sangat disarankan agar Anda mengaduk adonan kompos tersebut setiap hari. Ketika telah matang, kompos ini akan menjadi pupuk organik cair dan menyuburkan tanaman.

4.  Lampu Hias

Pengolahan ini cocok untuk orang-orang yang mempunyai hobi mengoleksi hiasan lampu. Ada banyak pilihan untuk mengkreasikan lampu hias dari botol plastik. Cara termudah yaitu gunakan botol plastik untuk lifting light.

Potong sampah botol menjadi dua bagian dan salah satu bagian atasnya bisa Anda jadikan penutup lampu. Warna botol plastik yang beragam pun bisa memberikan warna bagi lampu itu sendiri. Kini warna-warni ruangan Anda bisa menyesuaikan dengan botol plastik tersebut.

5.  Dompet

Sampah plastik juga bisa dijadikan dompet untuk dibawa-bawa setiap hari. Siapkan dua botol bekas kemudian potong menjadi dua. Siapkan bagian bawah botol plastik sebagai dompet.

Selanjutnya, hubungkan bagian bawah kedua botol dengan resleting dan benang. Jahit hingga kedua bagian menyatu. Gunakan jarum  kecil agar ujung jarum menembus plastik. Dompet uang koin pun siap Anda hias agar lebih terlihat kreatif.

Masih ada banyak alternatif mengolah limbah jadi berkah. Pada dasarnya, limbah terutama limbah plastik bisa Anda kreasikan sebagai apa saja secara kreatif. Selain barang-barang diatas, Anda juga mampu menjadikan limbah botol plastik sebagai kanopi, rak piring, dan sebagainya.